MA Hasyim Asy'ari



Siapa yang tidak kenal dengan Madrasah Aliyah yang satu ini. Letaknya strategis dan mudah di jangkau membuat MA Hasyim Asy’ari dikenal banyak orang.
MA Hasyim Asy’ari atau yang biasa disebut dengan MAHABA didirikan pada tanggal 1 Januari 1971. MAHABA sendiri didirikan oleh beberapa tokoh dari Bangsri dan sekitarnya. Salah satu pendirinya sekaligus kepala sekolah pertama, yaitu KH. Mc. Amin Sholeh. Beliau merupakan putra dari abah Sholeh Amin. Diantara pendiri dari MA Hasyim Asy’ari adalah:

KH. Abdul Hadi (Tengguli)
KH. Toha (Tengguli)
KH. Muhdi (Kedung Leper)
K. Khayyun (Kedung Leper)
KH. Nur Salim (Banjaran)
K. Zamroni (Banjaran)
A. Damuri (Banjaran)

Sebelum didirikannya MA Hasyim Asy’ari, lembaga sebelumnya mempunyai nama Mualimin-Mualimat. Seiring berjalannya waktu berdirilah MTs. Hasyim Asy’ari dan kemudian disusul oleh MA Hasyim Asy’ari.

Berdiri tahun 1971, MA Hasyim Asy’ari tidak langsung terdaftar di Korwil, sehingga pada 19 Maret 1979 sekolahan yang berada di timur Puskesmas Bangsri ini telah resmi terdaftar di Korwil Departemen Agama, Jawa Tengah.

18 tahun kemudian tepatnya pada 3 Juli 1997 sekolah yang sederajat dengan SLTA ini melaksanakan akreditasi pertamanya . MA Hasyim Asy’ari sendiri berdiri di atas tanah wakaf H. Muhsih, tepatnya berada di Jl. Pramuka 9, RT 3/7 Bangsri, Jepara. Jika Anda menempuh perjalanan melalui bus jurusan Bangsri – Jepara Anda bisa turun di kantor kecamatan Bangsri, kemudian berjalan ke timur kurang lebih 100 m.

Saat ini MA Hasyim Asy’ari mempunyai 55 karyawan dan juga guru. MA Hasyim Asy’ari sendiri sekarang dikepalai oleh KH. Khoirul Faizin Abdar, MPd. Sampai saat ini juga terdapat 4 jurusan, yakni:

Ilmu Sosial (IPS)
Ilmu Alam (IPA)
Imersi
Keagamaan (MAK)

Salah satu jurusan yang jarang ada di MA lain adalah Imersi. Imersi merupakan sebuah jurusan yang mempunyai latar belakang atau bassic bahasa Inggris. Imersi sendiri berdiri tahun 2007 dan di handle langsung oleh Drs. H. Ahmad Jazuli.

Pada awal berdirinya, Imersi hanya ada satu yaitu berbassic IPA, namun pada tahun ajaran kemarin ada Imersi berbassic IPS secara resmi di perkenalkan untuk pertama kalinya.
                                     


EmoticonEmoticon